-->

Iklan header

Tips Mudah Membuat Form Wizard di Ms Access 2007

Form Wizard merupakan fasilitas dari Ms Access  dalam menampilkan data model form. Sebelumnya sudah saya posting tentang pembuatan Form Secara Otomatis, dimana data yang digunakan hanya menggunakan 1 tabel saja yaitu tabel barang. Bagaimana jika data yang digunakan diambil lebih dari satu tabel dalam membuat Form? Yuk simak Tips mudah membuat Form wizard di Ms Access 2007-2013.

Sekarang saya coba membuat form dengan menggunakan model "Form Wizard" karena tabel yang digunakan (yang diambil datanya/field name) terdiri-dari banyak tabel. Sebagai contoh saya akan mencoba membuat form dengan menggunakan model "form wizard" dimana tabel yang saya gunakan seperti pada contoh-contoh pada postingan sebelumnya khususnya tentang artikel form.

Langkah-Langkah Membuat Form Wizard

Langkah-langkah dalam pembuatan form"form wizard" sebagai berikut:

Langkah Pertama:
Jalankan program Microsoft Access 2007 atau 2013

Langkah KeDua:
Buka database yang digunakan (sama dengan contoh di Form Otomatis)

Langkah KeTiga:
Untuk memulai klik tab Create, dan Klik tombol More Form, kemudian pilih Form Wizard

Langkah KeEmpat:
Pilihlah tabel/query yang akan digunakan, setelah itu baru Anda pilih field name yang digunakan yang terdapat pada tabel tersebut (lakukan berulang-ulang sesuai keinginan Anda) dan klik tombol ">" , dan tombol ">>" untuk memilih semua field name. seperti gambar dibawah ini :

Membuat-Form-Wizard-di-Access-2007

Keterangan :

  • Tabel Transaksi = Nota,Tglnota
  • Tabel Detil = Kodebrg,jumlah
  • Tabel TbBarang = Merk, Tipe,Harga Jual

Langkah KeLima:
Setelah itu silahkan Anda ikut perintah selanjutnya dengan mengklik tombol Next sampai dengan tombol Finish (pada tampilan terakhir silahkan anda berinama untuk Form utama dan untuk form anak /sub form)

Langkah KeEnam:
Selanjutnya sobat akan menjumpai tampilan form wizard yang sangat sederhana (perlu diedit agar lebih bagus lagi), untuk mengeditnya sama seperti pada artikel form otomatis.

Kesimpulan

Membuat Form ada berbagai cara, dan yang paling mudah dan cepat menggunakan Form Wizard. Form Wizard dapat menggunakan satu tabel atau beberapa tabel. Itulah tentang "langkah-langkah membuat form wizard di Ms access 2007 atau 2013", untuk selebih dapat anda modifikasi sesuai dengan kebutuhan tentang informasi yang dibutuhkan pada form tersebut. Selamat mencoba dan berkreasi agar menjadi lebih baik lagi. Baca juga: cara membuat Form Login di Ms Access 2013.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel