-->

Iklan header

Tahukah Anda Fungsi Tombol Button Di Form Ms Access 2007

Fungsi Tombol Button di Form Ms Access sebenarnya banyak sekali, seperti pada artikel sebelumnya seperti penggunaan tombol button di form transaksi untuk menyimpan data ke tabel dan masih banyak yang lainnya.

Selain itu tombol button juga dapat anda gunakan untuk mengoperasikan record sebagai pengganti tombol bawaan dari ms access pada saat Anda membuat sebuah form. Tahukah Anda Fungsi Tombol Button Di Form Ms Access 2007?

Cara Menambahkan Tombol Button di Form

Pada tutorial Ms Access  ini akan saya coba menambahkan tombol di form dengan menggunakan tool Button yang nantinya jika tombol tersebut di klik maka akan menampilkan form lainnya yang datanya sesuai dengan data pada form utama (form induk).

Sebagai contoh:
Misalkan pada form utama terdapat kode kasir yang isinya : K003 maka jika tombol tersebut di klik maka akan memanggil form lainnya dimana isi datanya yang terkait dengan kode kasir : K003 tersebut, sedangkan data selain kode kasir tersebut tidak akan tampil.

Untuk mulai membuat tombol Button tersebut yaitu :
1. Jalankan Ms Access 2007 dan buka database yang anda gunakan

2. Buatlah sebuah form utama (form Induk) serta buat form baru lagi sebagai form yang akan dipanggil, dan datanya harus ada field name yang terhubung seperti pada tutorial ini  terdapat form kasir dan form penjualan yang dilakukan oleh karyawan kasir tersebut

Form kasir :

Fungsi-Tombol-Button-Di-Form-Ms-Access-2007

Form Penjualan :

Fungsi-Tombol-Button-Di-Form-Ms-Access-2007

3.  Dari kedua form tersebut akan saya tambahkan tombol pada form Induk yaitu form kasir yang nantinya jika diklik akan memanggil form data penjualan.

4. Buka form kasir dalam mode desain dan klik tombol Button (aktif di tab Design) dan letakkan pada form tersebut (pastikan tombol Use control wizard dalam posisi aktif).

5. Ikuti petunjuk wizard dari Ms Access 2007 yaitu :

  • Pada kolom Categories : pilih menu form operations 
  • Pada kolom Action : pilih open form dan klik tombol Next
  • Pilih form data penjualan dan klik tombol Next
  • Pilih option : open the form and find spesific data to display
  • Pilih field kd_kasir baik di kolom bagian kiri dan kolom bagian kanan dan klik tombol yang ada ditengah yaitu tombol penghubung (<-->)
  • Setelah itu klik tombol Next
  • Pilih text atau picture yang akan ditampilkan pada tombol dan setelah itu klik tombol next s/d finish
6. Tetap dalam mode design maka klik kanan pada tombol tersebut, pilih properties, pilih tab event seperti pada gambar dibawah ini :

Fungsi-Tombol-Button-Di-Form-Ms-Access-2007

7.  Pada tab Event yaitu baris On Click klik tombol ... paling kanan maka akan tampak gambar seperti dibawah ini :

Fungsi-Tombol-Button-Di-Form-Ms-Access-2007

Catatan: hapus semua rumus yang ada di dalam tanda lingkaran dan setelah itu klik tombol ... dibagian sebelah kanan. Maka akan tampak tampilan builder (tempat rumus yang nantinya akan dimasukkan)

8. Pada tampilan builder isikan dengan cara :

  • Klik folder form dan All form
  • Klik form yang dipanggil oleh form utama yaitu form data penjualan dan double klik field kd_kasir
  • Akan tampak rumus baru dimana pada rumus tersebut hapus mulai dari rumus awal s/d tanda seru (!) sehingga rumusnya mejadi : [Kd_kasir]
  • Tambahkan tanda = setelah rumus diatas menjadi [Kd_kasir]=
  • Klik form yang memanggil yaitu form kasir dan klik field name Kd_kasir dan klik tombol Ok sehingga rumusnya menjadi seperti gambar dibawah ini (bedakan dengan gambar diatas) :

Fungsi-Tombol-Button-Di-Form-Ms-Access-2007

9.  Setelah itu silahkan Anda simpan dan buka kembali form Kasir dan klik tombol open form maka datanya akan tampil sesuai dengan data pada form utama seperti gambar dibawah ini :

Fungsi-Tombol-Button-Di-Form-Ms-Access-2007


Bagi Anda yang menggunakan Ms Access yang versinya dibawah 2007 untuk menggunakan tombol tersebut tidak perlu diedit rumusnya karena sudah otomatis, sedangkan jika menggunakan Ms Office 2007 seperti yang saya gunakan ini harus mengedit terlebih dahulu rumus yang sudah ada agar tombol berjalan sesuai fungsinya.

Itulah artikel tentang Fungsi Tombol Button di Form Ms Access 2007. Baca juga artikel lainnya tentang compact and repair dan backup database.

0 Response to "Tahukah Anda Fungsi Tombol Button Di Form Ms Access 2007"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel