-->

Iklan header

Cara Membuat Action Query Tipe Update

Action Query : Merubah Data Table


Action Query merupakan fasilitas dari Ms Access 2007 yang dapat digunakan untuk mengolah data pada tabel, dengan begitu dapat dipahamai bahwa untuk membuat Action Query Anda harus mempersiapkan tabel terlebih dahulu, dikarenakan pada data pada tabel tersebut akan digabung dengan data pada tabel lain atau hanya pada tabel tersebut. Sedangkan kegunaan dari Action Query sendiri banyak sekali manfaatnya tergantung dari penggunaan pada data yang diolah. Sebenarnya Action Query ini tidak jauh berbeda dengan Query (cara membuat query) karena masih 1 (satu) object dengan Query.

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang Action query tipe Delete table dan Action Query tipe Append. Pada artikel ini akan di bahas tentang cara membuat Action Query tipe Update yaitu bagaimana cara merubah data pada tabel tertentu berdasarkan kriteria/syarat yang ditentukan.

Cara membuat tipe Update yaitu :

1. Jalankan Ms Access 2007  dan buka database yang digunakan

2. Klik tombol option kemudian pilih enable dan klik tombol Ok seperti gambar dibawah ini :

Cara-Membuat-Action-Query-Tipe-Update


3. Pada tutorial ini menggunakan tabel Kasir, dimana datanya seperti gambar dibawah in :

Cara-Membuat-Action-Query-Tipe-Update


4. Buat query baru dengan menggunakan design dengan cara klik tab create dan klik tombol design pada kelompok query

5. Masukkan tabel yang dibutuhkan dan field name yang dibutuhkan yaitu tabel kasir  (action query tipe update), seperti gambar dibawah ini :


Cara-Membuat-Action-Query-Tipe-Update


6.  Seperti gambar diatas bahwa field name yang dimasukkan adalah field yang datanya akan diedit yaitu nama karena yang akan diedit adalah atas nama "hermawan" menjadi nama barunya yaitu "herman syah". Pada saat anda klik tombol RUN maka akan tampil konfirmasi yang menunjukkan jumlah baris yang di ubah datanya. Jika ingin dirubah maka klik tombol Yes dan jika tidak ingin diubah maka klik tombol No.

7. Setelah itu klik tombol RUN maka secara otomatis data di tabel kasir tadi sesuai dengan syaratnya, akan berubah secara otomatis tanpa harus merubah melalui tabel kasir yaitu nama :hermawan berganti menjadi nama:herman syah.

Itulah bagaimana cara membuat Action Query tipe Update yang fungsinya untuk merubah data ke tabel dengan menggunakan kriteria atau syarat tertentu. Agar lebih jelas dapat melihat Video Tutorialnya disini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca terutama bagi para pemula yang belajar Ms Access 2007.

0 Response to "Cara Membuat Action Query Tipe Update"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel