-->

Iklan header

Cara Membuat Report Otomatis Di Ms Access

Pengenalan Report Di Ms Access

Apa yang dimaksud dengan Report

Report merupakan kalimat yang sering kita dengar atau biasa disebut dengan laporan. Report biasanya menampilkan data-data dari proses pengolahan data yang merupakan sebuah kesimpulan agar lebih mudah dalam mengambil sebuah keputusan. Pada Ms Access 2007 terdapat fasilitas dalam membuat sebuah report atau laporan yang dapat memudahkan para penggunanya untuk membuat report atau laporan otomatis secara mudah dan cepat.

Persiapan Sebelum Membuat Report

Dalam membuat Report atau laporan anda harus mempersiapkan terlebih dahulu data apakah itu dari sebuah table atau query yang nantinya akan digunakan dalam pembuatan report itu sendiri sesuai dengan kebutuhan tentang data yang akan ditampilkan pada report tersebut. Pastikan bahwa data yang digunakan sudah benar agar data yang ditampilkan tersebut benar. Disini saya akan membangi pengalaman  tentang Cara Membuat Report Ototmatis di Ms Access.

Cara Membuat Report Otomatis

Untuk membuat sebuah report otomatis di Ms Access cara yang paling mudah yaitu dengan menggunakan tipe autoreport atau report, mengapa? karena tipe ini merupakan cara membuat report yang paling mudah dan cepat serta mudah dipahami. Disini saya sudah mempersiapkan tabel barang yang akan saya jadikan report. Bagi anda yang mempunyai tabel barang atau mungkin ingin membuat tabel sendiri tetapi belum pernah menggunakan ms access maka dapat dilihat pada posting artikel tentang cara membuat tabel di Ms Access 2007-2013.

Langkah-langkah sebagai berikut :
1. Jalankan program Ms access 2007-20013

2. Pastikan data yang diambil apakah dari table atau report. Pada tutorial ini saya mengambil dari tabel barang seperti gambar dibawah ini :

Cara-Membuat-Report-Otomatis-Di-Ms-Access


3. Pilih tabel barang dengan mengklik pada tabel barang

4. Pilih tab Create dan pada grup report klik tombol Report, secara otomatis akan tampil report yang anda buat seperti gambar dibawah ini :

Cara-Membuat-Report-Otomatis-Di-Ms-Access


5. Jika ingin mengedit tampilan dari report maka caranya dari tab Home klik tombol View (lihat tombol paling kiri dibawah tab Home), kemudian klik menu Design view. Misalkan disini anda ingin merubah judul Pada laporan yaitu TbBarang maka arahkan kursor pada judul tersebut dan klik sehingga kursor berbentuk garis lurus baru anda ketik judul yang baru misalkan Laporan Data Barang.

Kesimpulan

Mudah bukan cara membuat report otomatis di ms access yang ada di blog ini. Pada pembuatan report otomatis ini sangat sederhana, dimana yang paling utama adalah siapkan database yang akan digunakan seperti contoh pada artikel ini saya siapkan tabel barang. Setelah itu baru anda membuat Report. Jika ada yang kurang jelas silahkan anda beri komentar disini. 

0 Response to "Cara Membuat Report Otomatis Di Ms Access"

Posting Komentar

Terima kasih sudah membaca di blog BorneoTutorials, Silahkan tinggalkan komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel